Aqiqah adalah salah satu syariat Islam yang dijalankan bagi orang tua untuk anaknya. Aqiqah bisa digambarkan sebagai bentuk syukur karena kehadiran seorang anak di tengah keluarga. Dalam pelaksanaannya, para orang tua harus memahami dan menerapkan syaratnya dengan baik. Jika anda ingin prosesnya lebih mudah, gunakan saja Paket Aqiqah Wilayah Cikarang.

Meskipun dikategorikan dalam sunnah, namun syarat tersebut memang harus tetap dijalankan supaya aqiqah untuk anak sah dan membawa keberkahan. Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan aqiqah yang harus orang tua pahami terlebih dahulu.

Syarat aqiqah supaya sah

Sebelumnya aqiqah adalah ibadah yang bisa dilaksanakan dengan mengorbankan hewan ternak saat anak berusia 1, 14 ataupun 21 hari. Hukumnya adalah sunnah muakkad yang artinya memang tidak berdosa jika ditinggalkan namun sangat dianjurkan jika memang mampu. Aqiqah hanya dilakukan sekali seumur hidup. Untuk menjaga supaya sah pelaksanaannya, maka ada beberapa syarat yang harus diketahui terlebih dahulu.

Pelaksanaan proses aqiqah

Sebenarnya aqiqah sudah dilaksanakan sejak zaman jahiliyah. Namun di masa itu, orang yang merayakan hari kelahiran anak dengan menyembelih hewan. Selama proses penyembelihan, darah hewan diambil lalu dioleskan ke kepala si bayi. Sesudah Islam turun, aqiqah masih tetap dilakukan namun dengan cara yang berbeda. Diambil dari hadits yang shahih, tata caranya adalah menyembelih hewan kurban, mencukur rambut bayi, mengoleskan minyak wangi di kepala bayi dan menyedekahkan daging kurban tersebut.

Kapan melaksanakan aqiqah?

Berdasarkan riwayat hadits, aqiqah bisa dilaksanakan saat bayi berumur tujuh hari terhitung sejak kelahirannya. Namun waktu tersebut bukanlah aturan mutlak. Jika sudah terlewat, maka orang tua bisa melakukan aqiqah di hari keempat belas. Namun jika hari tersebut terlewat, maka bisa dilaksanakan saat hari ke 21. Jika sampai hari itu masih terlewat, maka pelaksanaan aqiqah bisa kapan saja menyesuaikan dengan kemampuan orang tua.

Memotong rambut dan memberi nama bayi

Aqiqah yang dilakukan oleh orang tua mempunyai tujuan sebagai rasa syukur atas kehadiran sang anak. Di dalam hadits yang diriwayatkan, pelaksanaannya dibarengi dengan mencukur sedikit rambut bayi. Selain proses pencukuran, bayi yang sudah di aqiqahkan bisa diberi nama. Nama adalah bentuk penghargaan dari orang tua kepada anaknya sehingga sangat dianjurkan untuk memberi nama baik pada anaknya.

Hewan ternak untuk aqiqah

Hewan yang digunakan untuk aqiqah biasanya domba atau kambing. Di Indonesia sendiri, memang lebih umum menggunakan kambing. Syarat kambingnya harus sehat dan tidak ada cacat. Pemilihan kambing yang sehat dilakukan karena daging hasil sembelihan akan dimasak dan disajikan sehingga harus menyediakan daging kambing terbaik dan berkualitas.

Lihat Artikel kami yang lain :

Terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai hewan untuk aqiqah selain kambing atau domba. Sebagian ulama membolehkan menggunakan daging selain domba atau kambing namun sebagian lagi mengatakan jika aqiqah tidak sah jika tidak menggunakan daging kambing atau domba. Untuk pilihan lebih aman, anda bisa gunakan daging kambing atau domba.

Jumlah hewan aqiqah

Hadits shahih juga sudah mengatur hewan yang disembelih untuk aqiqah. Jumlah hewan ternaknya berbeda sesuai dengan jenis kelamin si bayi. Jumlah kambing atau domba yang digunakan untuk bayi laki-laki sebanyak dua ekor, sedangkan untuk bayi perempuan adalah satu ekor. Perbedaan tersebut juga tidak membuat syarat aqiqah 100 persen mutlak. Jika orang tua hanya mampu untuk menyediakan satu ekor, maka tidak dipermasalahkan.

Proses penyembelihan

Saat menyembelih hewan korban, maka penyembelih harus meniatkan penyembelihan untuk Allah dengan mengucapkan Bismillah dan mengarahkan hewan ke arah kiblat. Penyembelih juga harus memperlakukan hewan kurbandengan baik dengan memberikan tempat yang baik pula. Penyembelihan hewan tidak diperbolehkan menggunakan alat selain pisau.

Saat menajamkan pisau, maka jauhkan pandangan hewan kurban. Pisau yang digunakan haruslah tajam sehingga saat melakukan proses menyembelih hewan tidak memakan waktu lama dan merasa kesakitan. Menyembelih hewan bukanlah hal mudah. Anda bisa menggunakan jasa Paket Aqiqah Wilayah Cikarang yang membantu anda menyediakan proses aqiqah menjadi lebih mudah dan praktis. 

 

Lihat paket kami yang lain : 

Call Now
WhatsApp