Istilah aqiqah dalam Islam sering diartikan sebagai pengorbanan hewan saat kelahiran bayi atau anak. Untuk anak perempuan menyembelih 1 ekor kambing sedangkan untuk bayi laki-laki menyembelih 2 ekor kambing, Pelaksanaan aqiqah memang sangat dianjurkan dalam Islam. Namun hukum aqiqah sendiri adalah sunnah muakkad. Pelaksanaan aqiqah dilakukan oleh orang tua atau wali anak. Banyak orang tua yang mungkin tidak mempunyai waktu banyak untuk mempersiapkan proses aqiqah, tak heran jika sudah banyak Catering Aqiqah Wilayah Cikarang bermunculan.

Kondisi hewan aqiqah juga sama dengan kondisi hewan Qurban. Syarat kambing harus bebas dari segala bentuk cacats seperti pincang, buta, sakit atau kurang gizi. Dalam hal ini hewan yang disembelih harus sudah sesuai dengan syariat Islam. Jasa aqiqah bisa membantu anda dalam hal ini.

Kapan pelaksanaan aqiqah yang tepat?

Dalam hal ini waktu terbaik dalam melaksanakan aqiqah adalah di hari ke 7 setelah bayi lahir. Dalam pelaksanaannya, orang tua diperbolehkan untuk menggunakan jasa layanan aqiqah. Usahakan jika anda sekaligus keluarga sedang dalam keadaan fit saat prosesi aqiqah. Jika badan terasa tidak sehat, anda bisa mencegahnya agar prosesi bisa berjalan dengan lancar.

Tujuan dan manfaat aqiqah

Ada beberapa manfaat dalam melaksanakan aqiqah, salah satunya adalah mengumumkan kelahiran sang bayi. Sebagai wujud syukur kepada Allah karena sudah dititipkan anak. Hikmah lainnya bisa digunakan sebagai wasilah silaturahim dengan mengundang beberapa anggota keluarga, kerabat dan tetangga untuk merayakan aqiqah bersama. Anda juga bisa mengirimkan undangan aqiqah sebelum melangsungkan prosesnya. Aqiqah juga bisa digunakan sebagai bentuk sosial kepada saudara yang kurang mampu.

Lihat Artikel kami yang lain :

 

Hikmah aqiqah sesuai syariat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika aqiqah mempunyai banyak hikmah yang bisa diperoleh baik untuk para orang tua maupun anak. Ada beberapa ulasan singkat terkait hikmah ibadah aqiqah.

Menunaikan ibadah dan sarana berdoa

Seperti yang sudah disebutkan jika aqiqah digolongkan sebagai ibadah sunnah muakkad. Dengan melaksanakannya, artinya para orang tua akan mendapatkan pahala. Terlebih lagi jika proses pelaksanaannya sudah sesuai dengan syarat aqiqah sehingga bisa dikatakan sebagai ibadah yang sah. Pelaksanaan aqiqah selain untuk beribadah juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mendoakan para orang tua dan anak tersebut. Orang tua yang menjalankan aqiqah tersebut akan mendapatkan pahala karena sudah menunaikan ibadah dan mampu menjadi pembelaan di hari akhir. Pelaksanaan aqiqah bagi anak juga bisa memberikan karunia kepada anak seiring dengan banyaknya doa yang mengalir.

Sebagai rasa syukur

Kelahiran anak adalah momen yang sudah ditunggu-tunggu. Agar tidak terlalu tinggi hati, maka pelaksanaan aqiqah bisa dikatakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas kehadiran sang buah hati di tengah-tengah keluarga mereka. Baik aqiqah untuk bayi perempuan atau laki-laki semua dilaksanakan sebagai rasa syukur. Selain itu, kehadiran buah hati juga harus disambut dengan rasa bahagia karena bisa menjadi salah satu umat yang mampu menegakkan islam.

Membantu mensejahterakan masyarakat sekitarnya

Membagikan daging hasil sembelihan setelah prosesi aqiqah juga bisa menjadi salah satu cara yang membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau lingkungan sekitar. Selain itu, bisa juga memberikan daging tersebut untuk memperkuat kerukunan dan persaudaraan yang terjalin. Orang tua tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk memberikan daging masak kepada masyarakat sekitar karena sudah banyak sekali Catering Aqiqah Wilayah Cikarang yang menyediakan anda dengan pilihan terjangkau.

Dalam hal ini aqiqah untuk anak memang sebaiknya dilakukan. Jika orang tua tidak bisa atau tidak mengerti bagaimana menyediakan berbagai keperluan untuk prosesi aqiqah, maka sudah banyak sekali jasa layanan aqiqah yang bisa membantu kebutuhan anda. Bahkan banyak dari mereka menawarkan ragam paket dan promo khusus dengan harga bersaing.

Itulah informasi yang terkait dengan manfaat dan hikmah yang bisa diperoleh. Syariat Islam memang sempurna karena mengajarkan umatnya untuk mendoakan siapapun bahkan bayi yang baru lahir ke dunia. Tak hanya itu, Islam juga bisa mengajarkan umatnya untuk saling berbagi kebahagiaan.

 

Lihat paket kami yang lain : 

Call Now
WhatsApp