Seperti diketahui bersama, Aqiqah sendiri adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan, dalam hal ini kambing, sebagai bentuk rasa syukur, pada bayi yang baru saja dilahirkan. Dalam menyelenggarakan kegiatan Aqiqah ini sendiri, tentunya ada aturan atau tata caranya sendiri. Informasi seperti ini tentu penting diperhatikan, sebelum Anda mulai menggunakan jasa EO Aqiqah Cikarang Barat, untuk menyelenggarakan acara tersebut, ada hal-hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Waktu penyelenggaraan Aqiqah 

Tahukah Anda, bahwa waktu yang paling tepat, untuk menyelenggarakan acara Aqiqah, berdasarkan sunnah Rasulullah, adalah tepat pada hari ketujuh, setelah kelahiran bayi itu sendiri. Hal tersebut juga turut diungkapkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan juga Abu Dawud.

Dalam uraian tersebut juga disebutkan tentang waktu penentuan hari ketujuh itu sendiri. Misalnya sang anak dilahirkan pada siang hari, maka hari ketujuh, adalah tepat 7 hari setelah bayi lahir. Sedangkan ketika dilahirkan pada malam hari, maka hari ketujuhnya adalah keesokan harinya. Apabila anak Anda sudah meninggal sebelum masuk hari ketujuh, dan menyelenggarakan acara Aqiqah, maka kegiatan seperti ini tetap harus dilakukan.

  1. Jumlah hewan yang akan diAqiqahkan 

Untuk tata cara penyembelihan hewan Aqiqah untuk perempuan dan laki-laki sama saja, hanya yang membedakan jumlah hewan yang akan dikorbankan.

  • Untuk anak perempuan hewan kambing yang akan dikurbankan sebanyak 1 ekor saja.
  • Untuk anak laki-laki, hewan kambing yang akan dikurbankan sebanyak 2 ekor.

Informasi seperti ini juga pernah diriwayatkan oleh sebuah hadits dari Abu Dawud. Selain itu, dahulu, pemotongan hewan Aqiqah ini akan dilakukan sendiri, atau dilakukan oleh pihak keluarga yang akan menyelenggarakan acara tersebut. Namun kini, agar lebih praktis, Anda dapat membeli hewan Aqiqah di tempat pemotongan hewan Aqiqah, yang umumnya sudah bekerja sama dengan pihak EO Aqiqah, seperti yang akan Anda temukan di Aqiqah Cikarang Barat. Dengan teknik seperti ini, maka kegiatan potong memotong hewan Aqiqah akan jauh lebih mudah. Anda sebagai pihak yang menyelenggarakan acara, hanya tahu beres. Hewan kambing tidak hanya disediakan saja, namun juga termasuk pemotongan hewan, pembersihan hewan dan juga memasan hewan tersebut, menjadi makanan siap santap, pada acara tersebut.

  1. Hewan yang disembelih harus memenuhi syarat

Dalam memilih hewan Aqiqah juga tidak boleh sembarangan. Hewan yang akan dikurbankan tersebut, harus sudah lulus kriteria tertentu, seperti berusia minimal ½ tahun, sehat badannya, dan tidak menderita penyakit tertentu. Umumnya jika Anda membeli di pihak penyedia jasa hewan Aqiqah, kambing yang disediakan sudah cukup usia potong. Lain halnya ketika Anda membeli hewan kambing di pedagang kambing umumnya. Maka Anda sendiri yang harus mengecek dan memilih jenis kambing yang tepat.

Lihat Artikel kami yang lain :

Tidak lupa, ketika melakukan proses penyembelihan, Anda harus membaca doa terlebih dahulu. Doa yang diberikan atau dipanjatkan ini, sedikit berbeda dengan doa pemotongan hewan pada umumnya.

  1. Membagikan pada yang berhak

Sama seperti memotong hewan kurban pada umumnya. Namun kali ini Anda akan membagikan daging hewan Aqiqah yang sudah disembelih, dipotong-potong dan dibagikan dalam kondisi sudah matang.

Adapun jumlah porsi ketika dibagikan, cukup beragam, tergantung jumlah tamu undangan yang akan datang, atau yang akan dibagikan. Semakin banyak jumlah tamu undangan yang hadir, maka porsi potongan hewan Aqiqah per orang juga perlu dipertimbangkan dengan baik, demikian pula sebaliknya.

  1. Melakukan cukur rambut dan memberi nama bayi 

Hal terakhir pada acara Aqiqah adalah memotong rambut bayi, atau mencukur rambut bayi dan memberi nama pada bayi itu sendiri. Umumnya kegiatan seperti ini akan dilakukan dengan cara mengelilingi atau dilakukan oleh para tamu undangan yang hadir pada acara tersebut. Dalam prosesi pemotongan tersebut, tidak hanya disediakan gunting saja, namun juga kain putih, untuk menyimpan rambut, air dengan aneka bunga, dan yang lainnya.

Sebelum proses tersebut berlangsung, akan diadakan acara berdoa bersama yang akan dilantunkan oleh seorang ustad.

Setelah proses pemotongan rambut selesai, maka acara Aqiqah dinyatakan sudah selesai. Biasanya kegiatan ini akan ditandai dengan acara makan bersama, daging Aqiqah yang dimasak, atau membagikan makanan Aqiqah itu sendiri, pada tamu yang datang.

 

Lihat paket kami yang lain : 

 

Call Now
WhatsApp